Laman

Senin, 16 Desember 2013

Pengaruh Desain Sosial Berdasarkan Usia(Anak-anak,Remaja dan Orangtua), Berdasarkan Unsurnya

    Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan tentang social desain berdasarkan usia. Pembagian usia dari anak-anak, remaja dan orang tua. Sosial desain memiliki banyak istilah dan definisi di seluruh dunia. Social desain dalam dunia desain bisa diartikan desain dalam arti pembentukan produk dan jasa. Dalam dunia social, merupakan penciptaan realitas social, desain dari dunia social.

Gambar 1.1


    Contoh pertama, desain social pada tulisan tangan anak-anak, remaja dan orang tua. Pada penulisan tangan, biasanya tulisan tangan anak-anak cenderung besar-besar dan agak berantakan. Mungkin dikarenakan mereka masih kecil dan baru mempelajari bagaimana cara menulis. Sedangkan pada remaja, penulisannya sudah mulai rapih dan tulisannya cenderung lebih kecil. Pada orang tua, penulisannya cenderung besar dikarenakan mereka mulai memiliki mata tua yang mengharuskan mereka menulis besar-besar tapi rapih.

Gambar 1.2


    Ketika orang tua harus membaca tulisan anak-anak dan remaja, mereka cenderung lebih memilih membaca tulisan anak-anak yang lebih besar. Menurut mereka, tulisan anak-anak lebih memudahkan mereka untuk membacanya karena besar-besar dan jelas.

    Contoh kedua, desain social pada pemilihan warna untuk anak-anak, remaja dan orang tua. Biasanya anak-anak lebih memilih warna yang cerah, terang dan indah. Mereka memilih warna-warna tersebut karena mereka masih tertarik dengan hal-hal yang membuat mereka ingin melihat warna tersebut.

Gambar 1.3


   Sedangkan pada remaja, biasanya mereka memilih warna sesuai kesuakaannya masing-masing. Bisa berupa warna yang cerah, gelap ataupun netral. Pada orang tua, biasanya mereka tidak terlalu memikirkan pemilihan warna. Apapun warna yang ada, mereka sebut sama karena mereka sudah kurang tertarik dengan warna-warna tersebut.

    Dari penjelasan diatas, desain social pada anak-anak, remaja dan orang tua itu berbeda-beda. Anak-anak biasanya menyesuaikan diri dengan umur mereka, soal warna maupun tulisan. Sedangkan remaja lebih memilih apa yang mereka suka, dari sebuah tulisan dan warna. Sedangkan orang tua, mereka sudah agak tidak peduli dengan pemilihan warna, tulisan tangan yang membuat mereka nyaman untuk membacanya.


Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat :)






Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar