Laman

Senin, 09 Desember 2013

Penggunaan Desain dan Warna serta Efek Sosial yang Ditimbulkan

Pada pembahasan kali ini, saya akan menjelaskan tentang kaitan desain dan warna serta efek yang akan ditimbulkan. Pada pertemuan sebelumnya saya sudah menjelaskan apa pengertian warna, maka kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang desain. Desain merupakan suatu rancangan atau seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya.

Gambar 1.1


Biasanya suatu desain dan warna itu sangat erat kaitannya. Suatu desain biasanya dilengkapi dengan warna. Pemilihan suatu warna biasanya didasarkan pada kegemaran, kesetaraan dan keharmonisan warna. Suatu warna dan desain juga bisa menyebabkan suatu efek sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Gambar 1.2


Misalnya pada warna, orang Indonesia biasa mengartikan sebuah warna dengan unsur politik didalamnya. Pada saat akan ada pemilihan Gubernur/Walikota bila ada rumah yang menggunakan warna bendera pada cat rumahnya, maka yang punya rumah itu dikira mendukung partai tersebut. Mindset orang Indonesia biasnya seperti itu, padahal belum tentu yang mempunyai rumah tersebut mendukung partai yang warnanya sama dengan warna cat rumahnya.

Kemudian pada suatu logo, misalnya waktu itu Pangeran Harry pada saat pesta Hallowen menggunakan logo Nazi pada lengan bajunya. Dari insiden itu, dia mendapatkan kecaman dari public. Apakah dia bergabung dengan Nazi? Dll. Padahal dia hanya menggunakannya untuk acara Hallowen.

Dari contoh diatas, efek sosial ini bisa berdampak baik maupun buruk. Pandangan seseorang tentang suatu warna dan desain. Untuk itu, mulai sekarang kita harus melihat mana baik dan buruk pengaruh suatu desain dan warna pada kehidupan.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.




Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar