Laman

Jumat, 08 November 2013

Bagaimana sebuah FONT dapat diterima di masyarakat?

Sebelum kita membahas tentang topic yang saya ingin bahas kali ini, saya akan memberikan sedikit penjelasan tentang FONT. Ilmu yang mempelajari tentang sebuah font disebut Tipografi, maka saya akan menjelaskannya sedikit.

Gambar 1.1

Font merupakan berkas data elektronik yang berisi serangkaian ikon, karakter, ataupun simbol. Meski pada awalnya fon merujuk pada suatu bentuk dan ukuran yang tetap, sejak tahun 1990-an, terminologi fon umumnya lebih merujuk pada bentuk-bentuk huruf ataupun ikon yang bersifat dinamis yang bisa diperbesar atau diperkecil ukurannya pada saat pencetakan.

Gambar 1.2

Tipografi merupakan suatu ilmu dalam memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga dapat menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.


Banyak sekali hal didunia ini yang berhubungan dengan font, mengapa sebuah font dapat diterima dimasyarakat? Kenapa setiap individu memiliki kesukaan font yang berbeda-beda? Mengapa pemakaian sebuah font itu sangat berpengaruh?. Menurut saya, sebuah font/tulisan itu berpengaruh pada suatu kepribadian seseorang atau keadaan seseorang tersebut. Misalnya saat dia dalam mood baik, mungkin dia akan memilih font yang rapih dan baik, bila dia dalam keadaan bosan, biasanya akan memlilih font yang sedikit membuat dia bersemangat, contohnya seperti font yang artistic.

Setiap font kesukaan individu itu berbeda-beda. Kebanyakan laki-laki lebih memlilih font yang sederhana, terlihat rapih dan tidak terlalu mencolok. Kembali lagi ke sifat, tercerminkan dari sebuah font. Sedangkan wanita biasanya lebih memlilih font yang mereka kira cantik, indah.

Pemakaian sebuah font juga berpengaruh pada aktivitas yang bersangkutan. Seperti penggunaan font pada kartu ucapan. Kartu ucapan banyak jenis dan model, kita ambil contoh saja misalnya kartu ucapan ulangtahun dan kartu undangan pernikahan. Terlihat perbedaan mendasar dari kedua font yang digunakan nantinya. Biasanya kartu ucapan ulangtahun lebih indah, unik, penuh warna karena kartu ulangtahun itu mencerminkan suatu acara yang meriah, penuh dengan pernak-pernik anak-anak. Sedangkan kartu undangan lebih terkesan formal, casual, sederhana karena dalam suatu pernikahan akan tercerminkan suasana yang formal dan sakral.

Nah dari penjelasan saya diatas, kita dapat menarik kesimpulan masing-masing mengapa suatu font dapat diterima di maysarakat luas. Pada akhirnya sebuah font itu sangat berpengaruh dalam kehidupan kita.

Terimakasih untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat :)






Source:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar