Laman

Minggu, 10 November 2013

Kaitan sebuah Font dalam GUI!

    Seperti penjelasan sebelumnya dalam artikel “Bagaimana sebuah font dapat diterima di masyarakat”, kali ini saya akan membahas kaitan sebuah FONT dalam GUI. GUI (Graphical User Interface) merupakan suatu media virtual yang membuat pengguna memberikan perintah tertentu pada computer tanpa mengetik perintah tersebut namun menggunakan gambar yang tersedia. Sebagai contoh tentu anda paham dengan sebuah ikon berbentuk koas dan tatakan lukis kan? Itu adalah ikon untuk menjalankan Paint. Nah segala sesuatu yang anda lihat di computer anda adalah GUI.

Gambar 2.1



Gambar 2.2
    Nah untuk pembahsan kali ini, mari kita ambil beberapa contoh GUI dalam Windows dan Apple. Untuk pengguna Windows tentunya sudah paham dengan tombol di pojok kiri bawah yang bertuliskan Start atau logo Windows itu. Sedangkan pengguna Apple tentunya paham dengan tombol pojok kiri atas yang berlambangkan Appel. Dalam penggunaan OS ini akan terlihat perbedaan kenyamanan dalam penggunaannya.

    Beberapa hal yang harus kita pahami mungkin biasanya pengguna Windows menggunakan Search untuk mencari sebuah data/file yang diinginkan. Sedangkan pengguna Apple menggunakan Finder unruk mencarinya. Dari perbedaan ini juga bias dilihat kenyamanan penggunaan, ke efektifannya.

    Biasanya pengguna Windows akan menemukan beberapa jendela yang berada disamping tombol start jika sedang membuka beberapa aplikasi, bila terlalu banyak jendela yang dibuka maka dia akan penuh dan menyimpan jendelanya disebelah kanan jelndela terakhir. Sedangkan pengguna Apple biasanya bisa mengubah tempat yang ingin digunakan untuk membuka aplikasi dengan jendela yang berbeda-beda.

Gambar 2.3

    Selain dalam Windows dan Apple, sebuah GUI juga merupakan sebuah site seperti Google, Yahoo dan lainnya. Mengapa kebanyakan orang lebih memilih untuk menggunakan Google ketimbang Yahoo?. Menurut saya, Google itu mementingkan tingkat kenyamanan pengguna untuk mencari sesuatu.
Gambar 2.4
Sedangkan Yahoo terlalu banyak iklan yang berada di sitenya. Maka dari itu kebanyakan User lebih sering menggunakan Google untuk mencari informasi yang diinginkan.



    Tata letak Google dan Yahoo pun banyak perbedaannya yang membuat kita lebih memilih menggunakan site yang simple, nyaman dan tidak banyak embel-embel yang tidak ingin dilihat. Google juga lebih memfokuskan tampilan yang dituju yaitu titik tengah dari layar, sedangkan Yahoo terlalu banyak iklan dan membuat pengguna tidak nyaman untuk melihatnya.

    Nah dari penjelasan diatas, kita dapat menarik kesimpulan bahwa beberapa hal dibawah ini sangat penting untuk diperhatikan:
  • Kebiasaan User
  • Tata letak
  • Tulisan yang menarik perhatian
  • Konten-konten yang bersangkutan
  • Ke efisienan penggunaannya
  • Dan lain sebagainya.



    Pada akhirnya, sebuah Font dalam GUI itu sangat berpengaruh. Terimakasih untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat :).





Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar