Laman

Kamis, 16 April 2015

Pengantar Komputasi Kuantum

Komputasi Kuantum
Merupakan suatu komputasi yang menggunakan fenomena mekanika kuantum untuk melakukan operasi data. Komputasi klasik melakukan penghitungan data berdasarkan bit, sedangkan komputer kuantum menggunakan qubit (kuantum bit). Prinsip dasar komputer kuantum adalah bahwa sifat kuantum dari partikel dapat digunakan untuk mewakili data dan struktur data, dan bahwa mekanika kuantum dapat digunakan untuk melakukan operasi dengan data ini. Dalam hal ini untuk mengembangkan komputer dengan sistem kuantum diperlukan suatu logika baru yang sesuai dengan prinsip kuantum.

Gambar 1


Kuantum Entanglement
            Merupakan fenomena kuantum mekanik dimana keadaan kuantum dari dua atau lebih objek harus dijelaskan dengan mengacu pada satu sama lain, meskipun objek individu tersebut dapat dipisahkan dengan objek lainnya. Penggunakan quantum entanglement saat ini digunakan dalam berbagai bidang, misalnya mengirim pesan rahasia yang sulit untuk di enkripsi dan pembuatan komputer yang mempunyai performa sangat cepat.

Pengoperasian Data Qubit
            Bit atau binary digital merupakan ukuran terkecil data dalam sebuah komputer yang terdiri dari 1 atau 0, nyala atau mati, benar atau salah. Sedangkan qubit atau quantum bit bisa memiliki 3 kemungkinan 1,0 atau superposisi dari 1 dan 0, iya, tidak atau mungkin. Sifat partikel ini membentuk dasar dari sebuah komputasi kuantum. Dua aspek yang paling relevan fisika kuantum adalah prinsip superposisi dan entanglement.

Quantum Gates
            Pada komputasi kuantum dan model khusus sirkuit dalam perhitungan kuantum, quantum gates (gerbang kuantum/logika) merupakan sirkuit kuantum dasar untuk mengoperasikan jumlah qubit yang kecil. Quantum gates biasanya didasarkan oleh matriks satuan. Misalkan quantum gates dapat dijelaskan oleh 2x2 atau 4x4 matriks kesatuan.
           
Algoritma Shor
            Algoritma shor dikemukakan oleh matematikawan Peter Shor(1994), merupakan algoritma kuantum yang meupakan algoritma yang berjlan pada komputer kuantum yang digunakan untuk faktorisasi bilangan bulat (bilangan integer atau bilangan bulat yang besar). Algoritma ini juga bisa digunakan untuk memecahkan kriptografi seperti RSA.
            Algoritma Shor terdiri dari dua bagian, yaitu:
·      Penurunan yang bisa dilakukan pada komputer klasik,
·      Sebuah algoritma kuantum untuk memecahkan masalah

Pada video dibawah ini, dijelaskan apa itu komputasi kuantum dan penggunaannya.



Source:
http://www.webopedia.com/TERM/Q/quantum_computing.html
https://sukasayurasem.wordpress.com/2013/06/28/quantum-entanglement/
http://www.sciencedaily.com/articles/q/quantum_entanglement.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Quantum_gate
http://seto.citravision.com/berita-43-pengantar-quantum-computation--pengoperasian-data-qubit.html
http://seto.citravision.com/berita-42-pengantar-quantum-computation--entanglement.html
http://seto.citravision.com/berita-44-pengantar-quantum-computation--quantum-gates.html
http://seto.citravision.com/berita-45-pengantar-quantum-computation--algoritma-shor.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar